8/7/09

Makanan Ringan Saat Berpergian

Meskipun sudah makan, seringkali kita masih ingin ngemil. Misalnya saat di bioskop. Sebelumnya Anda dan pasangan sudah menikmati nasi dengan sop buntut di food court. Tetapi rasanya kurang lengkap jika nonton bioskop tanpa ditemani popcorn atau hotdog.

Boleh-boleh saja sih, ngemil kapan saja saat Anda menemukan tempat untuk membeli makanan. Namun sebaiknya Anda perhatikan jenis snack atau cemilannya. Pilih yang bergizi dan tidak berkalori tinggi.

Minimarket di pom bensin

  • Pilih yogurt rendah lemak yang mengandung kalsium dan protein, yang membuat Anda merasa lebih kenyang. Bisa juga keju rendah lemak atau sekotak susu yang diselingi dengan potongan buah. Pilihan lain, jika ada, pretzel tanpa tambahan apa pun. Hindari donut dengan beragam krim atau gula-gula di atasnya. Gula darah Anda akan menurun cepat, yang membuat Anda cepat lelah dan ingin lebih banyak makanan manis. Keripik kentang, jagung, atau tortilla juga bukan pilihan tepat. Cemilan seperti ini kurang kandungan serat dan protein.

Bioskop

  • Oke, popcorn memang identik dengan bioskop. Ambil saja popcorn ukuran anak-anak yang hanya mengandung 300 kalori. Jangan menambahkan mentega di atas popcorn. Seringkali "mentega" ini sebenarnya minyak dengan rasa mentega. Makan pelan-pelan supaya mulut tetap sibuk mengunyah cukup lama. Tak perlu memesan popcorn ukuran jumbo, apalagi ditambah "mentega" dan minuman bersoda.

Food court di mal

  • Jika ada counter sushi, pesanlah salmon roll atau edamame yang mengandung serat tinggi dan rendah lemak. Ikan juga merupakan sumber protein yang mampu mengontrol nafsu makan. Bergizi tinggi, namun berkalori rendah. Anda juga bisa memesan sup sayur atau sup udon. Sup dalam jumlah besar cukup mengenyangkan, meskipun kandungan kalorinya rendah. Namun jangan memilih sup krim yang berlemak tinggi.

Tempat konser


  • Kacang kulit, yang berprotein tinggi dan tidak mengandung ekstra lemak dari minyak hasil penggorengan. Mengupas kulit kacang juga akan melambatkan proses menikmati makanan, sehingga Anda lebih cepat merasa kenyang sebelum makan terlalu banyak. Jumlah yang disarankan adalah sekitar 20 keping kacang kulit (yang dalam satu kulit terdiri atas dua biji kacang). Jika untuk Anda kurang nendang, silakan menikmati hotdog. Hotdog di tempat-tempat konser atau stadion umumnya lebih baik daripada hotdog di jalanan. Ingat, pilih mustard atau saus tomat ketimbang sambal atau topping berlemak lain. Nachos dengan keju meleleh memang sangat menggiurkan, tapi lupakan saja. Jumlah kalorinya 350, plus 19 gram lemak setiap enam hingga delapan keripik. Belum lagi kandungan sodium-nya yang tinggi.

Airport

Cari energy bar (cemilan yang umumnya mengandung 70% karbohidrat, 20% protein, dan 10% lemak) dengan kalori kurang dari 200, dan 3 gram serat atau lebih. Hindari coklat yang justru mengandung lemak lebih tinggi. Anda juga bisa memilih granola bar (granola adalah semacam sereal yang berbahan dasar beras, kacang, gandum, dan buah-buahan yang dikeringkan), atau dua ons kacang tanpa garam. Sepotong pizza dengan keju bahkan masih cukup baik, asal tidak menggunakan topping lain (apalagi semacam pepperoni). Pilihan terburuknya, lagi-lagi, keripik apa pun yang rasanya asin. Saat naik pesawat udara sebaiknya Anda tidak menyantap makanan yang bersodium tinggi, karena akan membuat perut kembung dan dehidrasi. Permen, apalagi yang dinikmati saat perut kosong, hanya akan membuat Anda menginginkan lebih banyak makanan manis.

0 komentar:

Post a Comment

 

©2009 World Recipes | Forum Partner IFS Forum